Touring ke Bandung

9 Des

Rabu tanggal 4 Desember 2013 sore selepas jam kerja kantor, sambil duduk-duduk didekat Musolah, ngobrol untuk kegiatan pada akhir pecan nanti. Kebetulan berdasarkan info dari beberapa teman kantor yang menjadi anggota BB (Bikers Brotherhood), sebuah komunitas pengendara sepeda motor antic buatan Amerika dan Eropa yang bermarkas di Bandung, bahwa BB akan mengadakan acara Ultahnya yang ke 25 di Bandung, tepatnya di Gudang Persediaan PT. KAI. Beberapa kali menghadiri acara Ultah BB ini selalu ramai dengan bermacam suguhan yang sangat menghibur, baik untuk para biker maupun untuk masyarakat disekitar kegiatan acara berlangsung.

Diputuskan untuk riding bareng ke Bandung, dengan rencana berangkat Jumat malam dan kembali Sabtu malam. Rute Jakarta ke Bandung atau sebaliknya disaat akhir minggu pasti rame macet, sangat tidak nyaman untuk berkendara (naik motor atau naik mobil). Tapi banyak orang yang cuek-cuek saja dengan kemacetan, mungkin sejak berangkat dari rumahnya memang sudah diniatkan banget untuk tetap sabar dalam kemacetan yang penting bisa jalan-jalan dengan keluarga. Karena tidak ingin ketemu macet tersebut, maka banyak rekan-rekan Trigana-Biker selalu start melakukan perjalanan dimalam hari, biasanya diatas jam 11 malam, tergantung sikonnya.

Hari Jumat, selesai sholat Jumat, beberapa rekan minta ijin untuk jalan duluan, ini rekan-rekan yang tidak suka jalan dimalam hari, karena takut ngantuk. Mereka lebih suka bermacet ria asal jalannya di siang hari. Selepas Magrib, saya check lagi ke beberapa rekan, siapa yang akan jalan nanti malam, ternyata hanya bro Jois beserta anaknya yang Penerbang di Garuda yang akan jalan, tapi sekarang bro Jois sedang antar permaisurinya dulu ke bandara. Sampai jam 11 malam, saya tunggu dikantor ternyata tidak ada yang nongol, cuaca dari sore hujan deras terus menerus, diseling berhenti sebentar, gerimis dan deras lagi. Saat mau jalan saja sendiri, dapat info dari pak Tridjana bahwa ada kesalahan info dari penginapan di Bandung, sehingga baru bisa check in hari Sabtu siang. Terpaksa keberangkatan ditunda, daripada sampai di Bandung masih tengah malam, tapi tidak bisa istirahat. Kembali pulang kerumah, dimana sudah ditunggu anak yang paling kecil, usia 8 tahun. Berubah lagi rencana, daripada sendirian dijalan, mendingan ajak anak, kebetulan dia libur sehari setelah selesai ulangan semesteran. Jadilah Sabtu pagi jam 6 berangkat naik si roda empat bersama anak ke Bandung. Alhamdulillah, dijalan sangat lancar, dan tiba di Bandung jam 8. Karena belum bisa masuk penginapan, muter dulu cari sarapan pagi. Kontak ke bro Jois, menanyakan kenapa tidak jadi riding, dijawab karena dapat info tidak dapat penginapan. Coba kontak beberapa teman lama yang tinggal di Bandung, ternyata tidak satupun lagi berada di Bandung, ada yang lagi nyangkul (tugas) di Timika, ada yang belon balik dari tempat tugas, ada yang lagi jagain cucunya diluar kota, ada yang hp nya gak nyambung-nyambung, nyebelin.

Selesai sarapan, sudah jam 10, karena ke penginapan juga belum bisa masuk, ya udah langsung saja ke lokasi acara ultah BB. Ditempat acara, celingukan cari-cari teman biker yang kenal, tapi belum ketemu. Cuaca yang tadinya hujan deras, berubah cukup cerah walaupun masih terlihat agak mendung. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat ketua BB yang dipanggil dengan sebutan El Presidente akan datang dengan menggunakan helicopter, dan juga akan ada atraksi terjun payung yang salah satu penerjunnya adalah sesepuh BB. Pilot yang membawa penerjun serta Pilot helicopter yang membawa ketua BB adalah  anggota BB semua. Memang  anggota BB ini terdiri dari beragam profesi. Sekitar jam 12, Ketua BB tiba, dan langsung acara pembukaan yang diteruskan dengan beberapa hiburan. Biker yang datang disamping anggota BB dari luar Bandung juga banyak komunitas biker yang lain yang ikut hadir. Bahkan ada Biker dari Negara tetangga seperti Singapore dan Malaysia. Saya sempat ngobrol dengan salah seorang biker dari Malaysia. Dia datang ke Bandung bersama keluarganya naik pesawat. Sementara dia ke acara BB, keluarganya shopping di outlet-outlet di Bandung. Kenyataannya emang banyak warga Negara tetangga yang berakhir pekan di Bandung.

Sempat ketemu dengan beberapa bikers yang memang teman lama dan 15 tahun lalu pernah barengan touring ke Sumatera dan Sulawesi. Sambil lihat-lihat lapak (kios-kios yang berjualan aksesoris biker), juga ketemu beberapa teman lama dari berbagai komunitas motor.

 Image

Setelah membeli beberapa T-shirt untuk anak, serta beberapa buah T-shirt khusus BB, oleh-oleh untuk rekan biker dikantor yang tidak sempat datang ke Bandung, jam 5 sore dari tempat acara menuju penginapan. Setelah check in, langsung ketiduran dikamar. Dibangunin anak sekitar jam 7 malam, dan minta pulang karena sudah janjian sama teman-temannya untuk bersepeda Minggu pagi disepanjang BKT (Banjir Kanal Timur). Dalam perjalanan pulang, hanya kena macet sebentar di Pasteur, setelah itu lancar banget. Sempat istirahat di rest area sebelum pintu tol keluar Sadang, dan makan di RM. Ciganea yang sambal terasinya maknyus. Sampai dirumah tepat jam 21:30. Kemudian check rekan-rekan yang naik motor dan start dari Bandung jam 3 sore, ternyata juga baru nyampe semua dirumahnya masing-masing, kena macet parah dari mulai Bandung sampai Cianjur. Setelah Cianjur mereka ambil jalan lewat Jonggol dan cukup lancar. Sekian dulu cerita touringnya yang kurang vitamin, sampai ketemu pada acara touring selanjutnya yang mudah-mudahan akan lebih seru dan berkesan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: