LOGO

13 Feb

Gambar

Trigana Biker atau komunitas karyawan PT. Trigana Air yang punya hobby naik sepeda motor, baik yang karena kepaksa naik motor dari rumah kekantor, karena tidak ada pilihan transportasi lain yang bisa mendekati tepat waktu sampai di kantor, maupun yang memang benar-benar hobby naik motor.  Untuk menjadi anggotanya juga tidak punya persyaratan yang ngejelimet, yang pasti adalah karyawan Trigana Air dan senang ngumbar (ngumpul bareng), tidak perlu harus punya motor.

Seperti yang pernah diulas pada tulisan pertama, pembentukan komunitas Trigana Biker ini sangat unik, tidak ada pembicaraan awal, tidak ada rapat-rapat, apalagi membicarakan segala urusan ceper seperti bentuk organisasi, susunan pengurus dan lainnya. Semua serba instant saja, semua yang hadir kala itu Cuma berprinsip “mari kita touring bareng-bareng, untuk bisa menghilangkan kejenuhan dari tugas rutin dan yang penting mempererat silaturahim antar karyawan, dengan bonus menambah kenalan selama di perjalanan”.

Layaknya komunitas biker lainnya, tentunya Trigana Biker juga harus mempunyai identitas yang jelas, agar tidak dicurigai sebagai geng motor yang suka mengacau. Identitas ini harus sejalan dengan bisnis dari Trigana Air sebagai sebuah Perusahaan Penerbangan, juga sesuai dengan profesi dari anggotanya sebagai operator pesawat terbang. Identitas ini diekspresikan dalam bentuk logo Trigana Biker. Pemilihan logo juga tidak ribet, hanya dibuat oleh salah satu anggota, dan segera diaminin oleh semuanya. Dalam membuat logo ini, anggota tersebut juga tidak perlu mikir terlalu banyak, hanya comot sana sini dari beragam gambar di dunia maya, kemudian dikombinasikan, maka jadilah sebuah logo.

  Gambar

Bagi orang yang berkecimpung didunia penerbangan, gambar dari logo ini adalah sangat familiar, dimana :

  1. Pada lingkaran atas adalah gambar mesin piston (Piston Engine). Mesin piston adalah cikal bakal dari sebuah mesin yang dapat memutarkan roda, baling-baling dan lainnya dengan menggunakan bahan bakar gasoline atau avgas (Aviation Gasoline). Umumnya hanya pesawat latih atau pesawat kecil saja yang masih menggunakan mesin piston. Karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin piston sangat terbatas, juga harga bahan bakarnya (avgas) sangat mahal.
  2. Pada Lingkaran bawah, adalah gambar dari Mesin Turbo fan (Turbo Fan Engine), yaitu jenis mesin turbin (Turbine Engine) berbahan bakar kerosene atau avtur (Aviation Turbine) saat ini digunakan untuk pesawat-pesawat modern berbadan lebar (wide body).
  3. Gambar tengah yang memanjang adalah gambar sayap (Wing) dari pesawat terbang.
  4. Dari ketiga point diatas, menyatakan bahwa Trigana mengoperasikan pesawat terbang yang masih menggunakan mesin piston (jenis Cessna 206 dan DHC-4 Caribou) dan pesawat yang menggunakan mesin turbine (jenis ATR-42 dan ATR 72), serta pesawat terbang yang menggunakan mesin turbo fan (jenis Boeing 737-300).

Dengan Logo diatas, kami ingin lebih mempertegas kecintaan kami terhadap profesi kami didalam bidang kedirgantaraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: